PERABOI dan RSUD A.M. Parikesit Lakukan Bakti Sosial PERABOI dan RSUD A.M. Parikesit Lakukan Bakti Sosial
21/10/2019 12:06 WITA



Perhimpunan Ahli Bedah Onkologi Indonesia (PERABOI) dan Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) berkerja sama dengan RSUD A.M. Parikesit
menyelenggarakan kegiatan Bakti Sosial di Kutai Kartanegara Jum'at - Minggu 18-20 Oktober 2019

Beberapa rangkaian kegiatan yg dilakukan ialah pelatihan kader SADARI, Talkshow Kanker Payudara dan Tyroid serta pada hari minggu kemarin dilakukan bakti sosial berupa operasi gratis.

Operasi mayor terhadap 7 pasien dilakukan di RSUD AM Parikesit Tenggarong. Sedangkan 45 orang lainnya melakukan operasi minor di pendopo odah etam.

Operasi yang dilakukan pihaknya tersebut meliputi kanker kulit, lymphedema, kanker tiroid, kanker payudara serta kanker wajah tanpa dipungut biaya.

"Ini merupakan kegiatan bakti sosial PERABOI sebagai wujud pengabdian kami pada masyarakat," terang dr Walta.

dr Walta Gautama selaku Ketua PERABOI menjelaskan bahwa masyarakat Kutai Kartanegara khususnya RSUD A.M. Parikesit sudah beruntung sekali memiliki dokter ahli bedah onkologi (dr Muhammad). Pasalnya, masih banyak daerah lain yang belum ada spesialis onkologi.

Kata onkologi dikatakan dr Walta acapkali masih terasa asing di telinga. Ia berharap istilah yang berasal dari Bahasa Yunani ini tidak ditakuti dan akrab di masyarakat. Onkolgi, sambung dr Walta, adalah cabang ilmu kedokteran yang mengkhususkan pada diagnosis dan pengobatan kanker.

"Jadi Onkologi adalah bidang ilmu kesehatan khususppenanganan kanker, mulai dari pemeriksaan kanker sampai perawatan paliatif," ujar dr Walta lagi.

Lebih lanjut dr Walta menjelaskan seorang ahli onkologi bertanggung jawab untuk mendiagnosis kanker, menentukan rencana pengobatan yang tepat, mengatur dan mengawasi jalannya pengobatan, serta tindakan pencegahan dari kekambuhan kanker itu sendiri.

Menurutnya, di Indonesia baru terdapat 204 spesialis onkologi, diantaranya tersebar di Jakarta 44 orang, Samarinda ada 3, dan Tenggarong ada 1. "Jadi ini merupakan suatu hal yang patut disyukuri di Kutai Kartanegara memiliki dokter spesialis Onkologi. (*)



Pendaftaran Online

Saran/Kritik

Akreditasi

Konsultasi Kesehatan

Pojok Zona Integritas

Whistleblowing System

Unit Pengendalian Gratifikasi

PPID

Download